Sistem Pengukuran Debit Air Pada Tekanan Aliran Besar, Begini Triknya!

Pengukuran debit air berarus tinggi seringkali merubah jenis alat ukur atau Flow Meter Air , keakuratan hasil pengukuran, biaya investasi, pas pemasangan dan perawatan alat ukur tersebut.

Aliran air berarus tinggi kebanyakan banyak digunakan dalam proses pendingin pembangkit listrik. Dalam hal ini kebanyakan PLTU dan PLTA, produksi air minum (PDAM) dan irigasi. Sumber air kebanyakan diambil dari waduk atau bendungan, laut atau sungai.

Beberapa flow meter yang digunakan untuk mengukur aliran besar yaitu: Insert magnetic flow mtr. Magnetic flow meter. Ultrasonic flow meter. Pasang open channel flow mtr. Jika pakai flow mtr. tertutup berukuran besar, kami dapat pakai magnetic flow meter dan memasang ultrasonik flow meter. Namun kecuali alirannya terbuka, layaknya di kanal, parit, sungai, atau kanal, sebaiknya pakai pengukur aliran saluran terbuka.

Pada aliran irigasi, baik dari aliran pegunungan atau bendungan, kebanyakan air mengalir. lewat kanal atau sungai, terkadang dihubungkan bersama pipa besar, drum atau saluran/parit terhadap titik tertentu.

Kita dapat pakai jenis pengukur aliran tersebut untuk mengukur pipa besar:

Pengukur aliran magnetik

Aliran elektromagnetik internal . meter

Magnetik Keakuratan flow mtr. jenis ini lumayan baik dan dapat berada terhadap kisaran 0,5%. Namun terdapat lebih dari satu kelebihan dan kekurangan pemakaian flowmeter magnetik untuk pipa besar, yaitu:

Kelebihan flowmeter magnetik linier:

Akurasi lumayan baik dalam kisaran 0,5%

Tidak membutuhkan aliran yang lumayan besar di hulu dan hilir untuk rentang 5D

Tidak, sensor arus tidak ada anggota yang bergerak, agar dapat dikatakan bebas perawatan

Cocok digunakan bersama cairan kotor, lebih-lebih lumpur

Dapat menghasilkan output analog 4-20mA, pulsa, alarm dan kebanyakan ditambah bersama RS485. komunikasi atau RS232

Dapat membaca arus bersama kecepatan rendah sampai 0,05m/s dan kecepatan tinggi sampai 10m/s.

Tersedia untuk semua jenis sensor arus magnet bersama rating IP68, yang artinya sensor tersebut lumayan safe pas terendam. di dalam air

Mata air magnet termasuk tersedia. sensor aliran sampai kedalaman air tertentu.

Kekurangan Inline Magnetic Flowmeter

Karena ukurannya yang besar, harganya terlalu mahal

Biaya pemasangan untuk memotong pipa dan memasang flange terlalu mahal

Waktu pemasangan lumayan lama\ nSistem aliran kudu dihentikan (mengganggu proses produksi)

Pengukur aliran magnetik

Pengukur aliran magnetik jenis instalasi ada dalam ukuran kecil dan besar. Sistem pemasangan dilakukan bersama mengebor lubang terhadap pipa dan kemudian memasang fitting bersama fitting las atau fitting sadel.

Sensor arus magnet kemudian dimasukkan ke dalam konektor. Harga dari magnetic flow sensor jenis ini dapat dikatakan lumayan bersahabat, lebih-lebih kecuali digunakan untuk pipa-pipa besar diatas DN300.

Inflow Magnetic Flowmeter

Mengenai pemasangan magnetic flowmeter dapat dikatakan lumayan lebih tidak mahal gara-gara hanya membutuhkan lubang terhadap pipa..

.perkecambahan dan pemasangan colokan. Tentu saja lebih cepat dari aspek pas agar proses produksi tidak kudu terhenti dalam pas lama dibandingkan memasang magnetic flow mtr. di lini

Keunggulan memasang magnetic flow meter:

Harganya lumayan hemat misalnya digunakan untuk pipa diatas DN150

Biaya pemasangan lebih murah

Waktu pemasangan lebih cepat dibandingkan flow mtr. jenis in-line

nTidak ada komponen bergerak terhadap flow sensor agar dapat dikatakan bebas perawatan\ nCocok untuk cairan kotor, lebih-lebih lumpur

Dapat menghasilkan output analog 4-20mA, pulsa, alarm dan kebanyakan ditambah bersama information RS485 atau RS232

Lampiran pengukur aliran ultrasonik

Pengukur aliran ultrasonik adalah sejenis pengukur aliran yang mode operasinya untuk mengukur laju aliran cairan pakai USG agar laju aliran dapat dibaca oleh pemancar ultrasonik yang mengkalkulasi laju aliran.

Pengukur aliran ultrasonik mempunyai pengukur aliran yang pemasangannya lumayan ditempelkan terhadap permukaan luar pipa.

Menggunakan pengukur aliran portabel

Karena cara pemasangannya hanya melibatkan pengolahan permukaan pipa, maka tidak kudu melubangi atau memotong pipa.

 pipa agar tidak kudu mematikan proses aliran atau menghentikan produksi. \ N \ nBraket pengukur aliran ultrasonik ini dipasang dan pengoperasiannya hampir sama bersama pengukur aliran ultrasonik portabel. Bedanya, flow meter

ini pakai energi tetap, dan flow mtr. ini kebanyakan digunakan terhadap operasional produksi. Selain membaca laju aliran, information logger termasuk dapat mencatat hasil pembacaan laju aliran dan volume..