Mari Mengenal Kendaraan Dump Truck dan Cara Mengoperasikannya

Dump truck merupakan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut material seperti kerikil, batu, pasir, tanah, hasil tambang dan material lainnya.

Untuk isikan muatan dari dam truk ini umumnya digunakan alat penguat untuk membongkar umumnya akan bekerja sendiri dari mobil tersebut.

Untuk menurunkan muatan, umumnya kendaraan ini akan mengangkat bagian dari depan bak dengan menggunakan hidrolik sehingga bak mampu miring ke bagian belakang dan muatan mampu segera turun ke bawah di area yang memang telah ditentukan.

Cara Pengoperasian Kendaraan Dump Truck

Secara umum, untuk langkah pengoperasian dump truck ini tidak sangat berbeda dengan pengoperasian truk type lain.

Memang yang membedakan disini yakni terdapat terhadap bagian tuas hidrolik yang miliki manfaat untuk mampu tingkatkan dan menurunkan bak dari Jual Dump Truck

Sehingga untuk sopir atau pengemudi dari dump truck ini perlu mengetahui bagaimana langkah untuk mengoperasikan truk ini sehingga mampu digunakan dengan safe dan benar.

Karena andaikan pengoperasian yang dilakukan tidak benar ataupun ada kesalahan sedikit saja maka akan mengakibatkan kesalahan yang fatal baik itu untuk pengemudi, truk, ataupun wilayah yang ada di kurang lebih dump truck.

Cara Menaikkan Bagian Bak Dump Truck

Pada dump truck umumnya terdapat 2 tambahan tuas, yakni tuas PTO dan tuas pompa hidrolik, sehingga untuk bagian kabin dari dam truk ini miliki 3 tuas yang miliki manfaat berbeda yakni sebagai berikut.

Tuas pompa hidrolik, pertama ada tuas pompa hidrolik yang miliki manfaat untuk mampu membuka tutup katup aliran dari oli yang ada di tabung pompa hidrolik.

Tuas PTO, setelah itu ada tuas PTO atau yang merupakan kepanjangan dari Power Take Off. Dimana tuas PTO ini miliki manfaat untuk mampu menyalurkan gigi PTO ke transmisi sehingga PTO ini mampu untuk memutar pompa hidrolik.

Tuas Transmisi, yang ketiga ada tuas transmisi yang merupakan tuas dengan manfaat menetralkan gigi dan juga untuk memajukan dan memundurkan kendaraan.

Setelah mengetahui bagian-bagian dari tuas yang ada di dump truck ini maka Anda juga perlu mengetahui bagaimana langkah untuk tingkatkan bak dari dump truck.

Pertama yang perlu dilakukan yakni membangkitkan mesin truk terlebih dahulu dan tunggu sampai jarum rpm nya ada di posisi idle atau posisi diam.

Setelah itu Anda mampu menyesuaikan tuas transmisi terhadap posisi yang netral

Lalu angkat bagian rem tangan untuk mampu mengunci posisi dari truk.

Setelahnya Anda mampu menyalakan lampu hazard dan juga alarm PTO Apabila ada sehingga mampu beri tambahan isyarat terhadap kala truk akan mengoperasikan hidrolik dump yang ada.

Setelah itu Anda mampu menginjak pedal kopling dengan penuh

Lalu tuas PTO ditarik ke bagian belakang untuk mampu tingkatkan bak dari dump truck.

Tunggu sesaat sampai dengan jarum rpm nya naik sedikit di atas jarum rpm idle.

Lalu Anda mampu menarik tuas pompa hidrolik untuk mampu tingkatkan bak dump.

Lepaskan secara perlahan tuas berikut dan injak di pedal kopling. Nantinya bak dump truck ini mampu naik secara perlahan.

Apabila membutuhkan tenaga tambahan untuk mampu tingkatkan bak dump truck tadi maka Anda mampu menginjak pedal gas.

Setelah baknya mampu terangkat penuh maka Anda perlu menekan pedal kopling secara penuh dan Anda juga perlu mendorong tuas PTO ulang terhadap posisi yang netral.

Untuk menurunkan ulang bak dump yang perlu dilakukan yakni hanya mengembalikan tuas pompa hidrolik tadi ke posisi Netral atau posisi semula. Tetapi disini Anda tidak perlu untuk menginjak pedal gas sehingga bak akan mampu turun dengan sendirinya.