Intip Segudang Kelebihan PTS Yang Bikin Iri Dibanding PTN

Ketika telah dinyatakan lulus dari SMA, calon mahasiswa dihadapkan oleh dua pilihan untuk melanjutkan studi. Biasanya jika nggak PTN ya PTS. Namun, calon mahasiswa tetap utamakan PTN sebagai pilihan utama dalam melanjutkan belajar sebab mereka akan mengikuti tahapan dari tiap-tiap PTN sesuai bersama jalan masuk yang diikuti dan jalan seleksi dari pusat.

Baru seandainya jika telah mentok tidak keterima di PTN, mahasiswa kebanyakan pilih perguruan tinggi swasta terbaik sebagai pilihan paling akhir alias cadangan.

Pandangan masyarakat soal kuliah hingga kini masih menganggap bahwa PTN di mata mereka lebih bagus dibandingkan PTS. Perguruan Tinggi Swasta bagi mereka dinilai tidak berkualitas, kualitasnya ecek-ecek, duit kuliah yang mahal dan tidak semeriah PTN untuk fasilitasnya.

Eh apa benar begitu? Padahal anggapan kalian keliru bahwa PTS tidak semenyeramkan itu teman-teman. Masalah mutu memang sama-sama bagusnya bersama PTN, apalagi fasilitasnya dijamin membuat kalian ngiri deh.

Pertanyaannya hanya satu, apa hanya PTN kah yang berkualitas di mata mereka? Terus bagaimana bersama PTS? Apakah sanggup jadi pilihan yang tepat untuk calon mahasiswa dalam melanjutkan kuliahnya.

 Kali ini, kami akan bahas berlebihan dari PTS yang membuat kamu jadi ngiri yang mulanya mendambakan daftar kuliah ke PTN, eh banting setir deh ke PTS tepat jelas kelebihan-kelebihannya. Yuk liat bareng-bareng!

1. Lebih Banyak Menerima Mahasiswa Baru

Jika seleksi masuk PTN, tiap jalan masuk yang diikuti calon mahasiswa ada kuota yang mesti diisi. Tiap rombongan belajar alias mahasiswa yang di terima setiap tahunnya tidak menentu jika kamu berkuliah di PTN.

Tapi beda bersama PTS nih kawan. PTS justru lebih banyak sedia kan kuota untuk mahasiswa baru. Andaikan kuota dalam satu kelas ini telah full maka PTS punyai peluang untuk mengakses kelas baru. Sedangkan PTN akan sulit mengakses kelas baru sebab kuotanya telah ditetapkan di awalnya terhadap tiap jalan masuk.

2. Waktu Pembukaan Pendaftaran Lebih Lama

PTN punyai selagi pembukaan pendaftaran yang lebih singkat dibandingkan PTS. PTS kebanyakan mengakses sebagian gelombang untuk pendaftaran mahasiswa baru dan durasi waktunya termasuk lebih lama. Kadang-kadang ada termasuk PTS yang mengakses pendaftaran lebih dahulu dibandingkan jalan masuk perguruan tinggi negeri.

 Waktu yang lama ini sanggup dimanfaatkan oleh mahasiswa baru untuk cari-cari informasi soal jalan masuk universitas mana yang membuka sambil menunggu pendaftaran atau pengumuman dari perguruan tinggi yang kamu tuju.

3. Jadwal Kuliah yang Fleksibel

PTS punyai fleksibilitas dalam mengatur jadwal kuliah bagi mahasiswa. PTS justru mengimbuhkan keleluasaan bagi mahasiswa ataupun karyawan sambil berkuliah. PTS sedia kan dua kelas bersama selagi yang beda. Ada kelas pagi maupun kelas sore.

Ada kelas reguler maupun paralel. Kelas reguler yakni kelas yang kuliahnya dari Senin hingga Jumat terhadap jam pagi hingga siang.

Selanjutnya kelas paralel kebanyakan diadakan di hari Senin hingga Jumat dari sore hingga malam. Ada termasuk kelas paralel yang dilaksanakan terhadap hari Sabtu dan Minggu. Kalau kamu adalah seorang mahasiswa yang tengah bekerja sambil berkuliah maka PTS mengimbuhkan banyak peluang dalam mengatur waktu.

4. Fasilitas Tidak Kalah Mentereng Dibandingkan PTN

Stigma orang-orang menganggap bahwa biaya kuliah di PTS terbilang mahal. Eitss.. tapi memandang dulu nih. Apakah layanan yang disediakan oleh perguruan tinggi selanjutnya telah lengkap atau belum? Tidak heran jika sekarang PTS banyak sedia kan layanan yang lebih bagus.

 Fasilitas ini tentu saja sanggup menopang sistem pembelajaran selama di kelas dan pengembangan diri mahasiswa. Mulai dari layanan perpustakaan, layanan kesehatan, unit aktivitas mahasiswa, area kelas, laboratorium, pusat olahraga, taman hijau, dan lain-lain.

5. Lulusan PTS Dapat Bersaing di Dunia Kerja

Bagi sebagian orang, lulusan PTN dinilai lebih mudah untuk meraih  pekerjaan ketimbang PTS. Siapa bilang? Padahal untuk meraih pekerjaan bukan dicermati dari lulusan PTS ataupun PTN tapi kebolehan dan skill yang dimilikinya. Jadi tidak ada yang salah, semua punyai peluang yang mirip untuk meraih pekerjaan dan berkompetisi di dunia kerja.

6. Memiliki Program Beasiswa

Program beasiswa tidak hanya ada di Perguruan Tinggi Negeri saja. Perguruan Tinggi Swasta termasuk ada dong. Kamu termasuk sanggup pilih program beasiswa yang sanggup kamu pilih untuk meringankan biaya kuliah. Salah satu perguruan tinggi swasta yang sedia kan program beasiswa adalah UMN. Beasiswa yang disediakan oleh UMN banyak variasi yakni Beasiswa Prestasi Akademik, Beasiswa di Bidang Olahraga dan Kesenian dan lain-lainnya.

Nah, bagi kamu para calon lulusan SMA/SMK yang hendak mendaftar di perguruan tinggi dan punyai saudara kandung yang berkuliah di UMN, UMN termasuk menawarkan beasiswa langsung berwujud pengurangan biaya duit pangkal sebesar 30%. Eits, tapi kamu termasuk tetap mesti memenuhi syarat-syarat umum akademis yang ditentukan, ya.

Tak cukup hingga di situ, UMN masih sedia kan peluang Beasiswa Pemerintah, layaknya Beasiswa Afirmasi (Adik Papua dan Papua Barat), Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, Beasiswa Unggulan Kemendikbud, dan lain sebagainya. Tersedia termasuk Beasiswa Korporasi dari Yayasan Salim, Yayasan A&A Rachmat – PT Adaro Indonesia, PT Laku Emas Indonesia, BRI, Tokopedia, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Gimana-gimana telah jelas kan apa aja kelebihannya jika kamu kuliah di PTS. Intinya rela kuliah dimanapun entah PTN dan PTS itu mirip saja. Ukuran kesuksesan seseorang tidak diukur dari kamu kuliah di PTN ataupun PTS. Lagian ada kok, sebagian PTS yang kualitasnya terbaik bersama PTN.

Semoga postingan ini berfungsi terlebih membuat kamu yang sekarang ini lagi di tahap bingung-bingung rela kuliah. Apalagi yang telah ikut seleksi masuk perguruan tinggi kesana-sini tapi tidak kunjung sanggup daerah kuliah juga, semoga semakin tercerahkan. Semangat pejuang kuliah!