Cara Memilih Ban Dump Truk Yang Tepat

Bagaimana cara memilih ban dump truk dengan mudah? Berikut ini Mekanik Hydro hadirkan selengkapnya :

1. Mengetahui kapasitas beban

Pertama dan paling penting ialah pengguna perlu menyadari besaran kapasitas maksimal beban pada unit didalam mengangkut beban berat.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa kapasitas beban ban setara dengan berat dump truck sehingga keselamatan pekerja sanggup terjaga.

2. Memilih desain tapak ban yang sesuai

Selanjutnya yaitu memilih desain & tapak ban yang cocok untuk dump truk.

Misalnya, untuk pekerjaan pada daerah tanah berlumpur memerlukan ban dengan urutan yang lebih dalam, sedang pekerjaan di jalan raya memerlukan ban dengan kekuatan urutan lebih kecil. Faktor ini terhitung sanggup memengaruhi performa dan kekuatan tahan dump truck secara keseluruhan.

Kira-kira apa saja type ban yang umumnya sanggup digunakan?

Ban Rib

Ban Rib mempunyai desain urutan yang berwujud seperti cacing atau S vertikal yang mengimbuhkan traksi besar pada permukaan kering dan halangan gulir yang rendah, sehingga cocok untuk pekerjaan di jalan raya atau permukaan beraspal. Jenis ini terhitung sanggup menghambat kecepatan tinggi dan mengangkut beban berat.

Ban Lug

Sebaliknya, urutan type lug tersusun dari balok-balok besar seperti ban off-road, sehingga mempunyai level traksi yang tinggi dan cocok untuk permukaan yang lunak seperti lumpur, pasir, dan kerikil. Jenis ini tawarkan stabilitas dan pemeriksaan yang bagus untuk dataran tidak rata, dan juga sanggup mengurangi risiko kendaraan selip dan terbalik.

Keunggulan lain adalah kekuatan untuk membersihkan permukaan ban secara mandiri. Ketika ban berputar, urutan lug sanggup menyingkirkan material kecil dan memicu ban tetap aman.

Ban Mix Type atau Rib-Lug

Ban mix type sebenarnya sengaja didesain untuk mempunyai karakteristik urutan rib dan lug secara bersamaan. Jenis ini mempunyai stabilitas dan pemeriksaan yang baik, sehingga cocok digunakan untuk kendaraan yang sering lewat jalan beraspal dan tanah.

Ban Mix Drive

Ban mix drive didesain untuk jalan beraspal yang basah. Jenis ban ini mempunyai desain urutan yang sanggup menjaga penyebaran air secara rata dan menaikkan pengendalian truk pas terjadi di atas aspal basah.

3. Memilih ukuran yang tepat

Sangat direkomendasikan untuk memilih ukuran ban yang pas cocok dengan standard pabrikan atau yang tercantum didalam buku manual truck atau alat berat Anda.

Informasi seperti ukuran , ply rating , bobot maksimum yang sanggup diangkut oleh ban, arah rotasi, dan tekanan angin maksimum yang terdapat pada dinding ban perlu Anda menyimak untuk usia pakai dan kinerja maksimal ban dump truk Anda di tempat jual dump truck.

4. Memilih merk terpercaya cocok rekomnedasi pabrikan

Terakhir, tidak ada salahnya untuk memilih merk terpercaya cocok dengan wejangan pabrikan. Jangan hingga tergiur dengan harga tidak mahal sebab belum tentu kualitas sanggup terjamin.

Alasannya, komponen memiliki kualitas rendah umumnya tidak awet dan cepat aus terlebih kalau dump truck digunakan secara intens di bawah sinar matahari langsung dan air hujan.

Jika perihal ini terjadi, maka imbasnya Anda perlu merogoh kocek lebih banyak untuk cost perawatan dan penggantian yang jumlahnya tentu tidak sedikit.